Kamis, 04 April 2013

Ini Salah Satu Cara Cepat Mengingat


JAKARTA, KOMPAS.com - Selama ini, kita menganggap kemampuan bahasa adalah pusat dari pikiran. Tiap hari berada di sekolah, perhatian kita tercurah untuk bahasa baik dalam pelajaran hingga berkomunikasi sehari-hari. Namun, sadarkah bahwa pikiran kita memiliki kapasitas yang lebih mendasar dan dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran?
Teknik mengingat kondisi ruangan atau sebuah tempat mengisi kapasitas yang paling fundamental di dalam otak manusia dan membantu mempelajari serta menyerap banyak informasi lebih daripada yang kita perkirakan. Tentu saja teknik ini yang mengalahkan porsi kemampuan bahasa dalam otak manusia. Dengan teknik ini pula, siapapun dapat menghafal lebih cepat hal-hal yang tampaknya sulit.
Contoh yang diberikan oleh seorang ahli ingatan, Ed Cooke adalah membayangkan kondisi sebuah rumah untuk menghafalkan periode geologis. Periode pertama adalah Quaternary diimajikan dengan seseorang yang sedang memotong pizza seperempat bagian di dalam rumah. Kata membagi seperempat dalam bahasa Inggris disebut "quartering" sehingga terdengar kata yang mirip dengan Quarternary.
Ed menjelaskan bahwa semakin nyata dan semakin konyol apa yang kita bayangkan maka akan lebih mudah untuk menghafalnya. Teknik menghafal semacam ini akan lebih baik jika imajinasi yang digunakan merupakan kreasi diri sendiri sehingga akan lebih mengingatnya.
Dengan teknik memori spasial dan permainan kata seperti ini pula, seseorang tidak sekadar hafal melainkan dapat menguasai urutan hal yang dihafalkan dengan baik, sehingga saat mendapati pertanyaan yang tidak sesuai urutan tetap dapat menjawab.
Nah, jika memiliki kesulitan dalam mengingat atau menghafal sesuatu, maka cara ini dapat digunakan. Pilih satu lokasi beserta isinya yang mudah diingat kemudian aplikasikan dalam sebuah bahasan yang ingin dihafal. Ingat semakin nyata dan semakin lucu imajinasi yang dibuat maka lebih cepat untuk mengingatnya. Selamat menghafal!

Baca juga di bawah ini...!

0 comments:

Posting Komentar